Makhluk-makhluk yang di yakini masih ada di Padang Minang Kabau

Hallo gan saya akan posting makhluk-makhluk yang di yakini masih ada di Minangkabau (PADANG) sekian banyak budaya di indonesia menjadikan indonesia negara dengan suku beragam -ragam dan setiap suku memiliki gaya hidup masing masing contoh nya Minangkabau "Alam takambang jadi guru" yang artinya alam berkembang menjadi guru jadi masyarakat minangkabau menjadi kan alam sebagai contoh untuk dapat hidup di bumi.
Kali ini mengenai makhluk yang bernama 

1.CINDAKU

Makhluk astral ini di yakini masih ada di Ranah minang (PADANG) makhluk ini bukanlah manusia kutukan melainkan adalah orang yang punya ilmu gaib yang murni dari nenek moyangnya.
makhluk ini hanya bisa berubah wujud di tanah kelahiran nya saja dengan cara meleketakan dadanya ke tanah dia seperti manusia tapi mirip dengan harimau.
Fungsi cindaku di ranah minang ialah perantara hubungan manusia dan harimau.


2.PALASIK.
Palasik "Parasit"adalah makhluk yang sangat mengganggu para kaum ibu-ibu minang  membuat kekawatiran tentang buah hati mereka di ranah minang, jarang ibu-ibu minang membawa anak nya keluar rumah siang maupun  malam hari, palasik di gunakan oleh orang yang mempunyai ilmu hitam yang tidak baik lagi jika ayahnya palasik maka anak nya juga palasik di minangkabau sesama palasik harus di nikah kan sesama pungguna palasik dan di kucilkan dalam lingkungan masyarakat bentuk palasik sudah di ketahui yaitu seperti kepala dengan isi perut yang terlihat ia terbang melayang biasa nya kepala tersebut ada penggunanya dan penggunanya akan di temukan di suatu tempat tampa kepala sama sekali ia mengincar anak-anak kecil yang benak kepala nya masih terlihat bergerak ubun-ubun kepala maksudnya, ia akan memakan benak anak kecil yang masih bergerak tersebut dan si palasik akan bertahan tampa makanan selama setahun mau perbulan dengan memangsa anak kecil ia dapat abadi tampa makanan untuk menangkal palasik ini dengan memegang lidi saat perjalan keluar rumah bisa pun dengan memegang bawang putih jika anak sudah terkena palasik cara nya ialah dengan di bawa ke orang hebat (dukun) ustad atau pun juga bisa langsung ke orang tersebut si pengguna palasik.

3.SIBIGAU


Makhuk ini sering di jumpai di hutan rimba Sumatra barat salah satu nya gunung singgalang makhluk ini bertumbuh pendek 80 cm sekitar setinggi paha orang dewasa.

Dengan fisik berbeda arah dengan kita seperti tumit kaki ke depan seperti tertera di gambar atas namum ia memiliki lari yang lebih cepat dari manusia walaupun dia kecil.

Di negri asal ku di solok sibigau ini ceritanya karena dia memiliki fisik yang berbeda dengan manusia normal dan malu untuk bergaul dan akhir nya mengasingkan diri untuk berpindah kedalam hutan , dia bekerja untuk mengembala semua hewan-hewan disana dan ada pula ritual dimana harus minta izin untuk boleh berburu di lingkungan sibigau untuk mengahargai keberadaanya. 

Lukah (Penjaring ikan) adalah bentuk sebuah penemuan yang di ciptakan oleh sibigau awal mula ceritanya ketika ia lagi menjaring ikan dengan lukah seorang peburu bertemu dengannya dan berteriak seakan lagi mengincar sibigau padahal hanya modus supaya mendapatkan lukah buatan sibigau. ia bisa berbahasa dengan cepat tapi kita tidak tau apa yang di bicarakan (cerewet).

4.SIAMPA
Makhluk ini hampir mirip dengan Gunderuwo cuman perbedaan fisik dan perilaku :D 
siampa adalah makhluk yang sangat senang jika ada majikannya jika siampa yang tidak ada majikanya biasa nya akan sering bermunculan di sore hari dan juga sekitar jam 3 malam.
biasa nya ia di temui di tempat tempat agak kumuh contoh rumah gadang yang tidak terurus lagi ataupun tempat dukun yang agak sedikit kotor biasanya orag orang memelihara siampa ini cuman untuk menjaga benda , hewan ternak,kebun cabe dll. 
Di ranah minang anak muda suka sekali mencuri ayam untuk di santap bersama sama dan si punya ayam biasanya menggunakan siampa untuk menjaga ayam - ayam nya agar tidak di curi, tumbal untuk siampa ini tidak minta nyawa tapi sesuatu yang jorok contoh nya menjaili majikannya seperti ini dengan meletak jari telunjuk yang sudah di potong ke dalam nasi yang baru di masak , mengaduk aduk sambal randang di malam hari dengan tangan kiri nya menangis di malam hari jika majikanya meninggal dan suara tangisan yang menyerupai seorang gadis.

5.  Hantu ngeak 
Hantu ini yang buat saya ini kurang menakutkan karena ini hanya menggangu telinga tetapi sesekali pandangan ! di minang kabau terjadinya hantu ngeak ini karena adanya seorang ibu yang menggugur kan kandungan nya dan akhirnya kandungan akan tidak beristirahat dengan tenang dan mencari ibunya ia hampir mirip dengan kelelawar dengan wajah seperti wajah manusia aku pernah mendengarnya 2 kali di hidupku sekarang ini tapi aku belum pernah melihatnya tapi orang tua ku sudah pernah melihat dengan mata telanjang ia sering mengganggu manusia dengan tangisanya seperti bayi. 

Semua yang kutulis ada facta yang beredar di minangkabau dengan sedikit wawancara dengan orang terdahulu dan beserta pengelamanku sendiri ! Sallam TC




2 comments

Makna ketikan banyak yg tidak bisa di pahami

Terima kasih telah membaca article ini silahkan beri komentar anda
:)